Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2018: Belanda Masih Suram

Akhirnya selesai sudah kualifikasi Piala Dunia 2018 untuk zona Eropa. Sembilan negara sudah memastikan tempat di turnamen empat tahunan yang akan digelar di Rusia tahun depan. Dengan berakhirnya pertandingan subuh tadi, lengkap sudah sembilan tim zona Eopa yang mendapatkan tiket langsung ke Piala Dunia 2018. Prancis dan Portugal menjadi dua tim terakhir yang mendapatkan tiket tersebut dengan meraih kemenangan di laga terakhir.

Prancis dan Portugal masing-masing menjadi juara Grup A dan Grup B secara berurutan. Sedangkan untuk Jerman dan Serbia masing-masing lolos langsung dari Grup C dan D.

Berikutnya, ada juga Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, dan Islandia yang melangkah ke putaran final dengan status juara grup masing-masing. Dengan tuntasnya fase kualifikasi ini, berarti akan ada delapan tim yang akan lanjut ke fase play-off untuk memperebutkan empat tiket tersisa ke Rusia.

Karena seperti yang kita ketahui, dari toal sembilan grup di kualifikasi hanya akan diambil delapan runner-up terbaik, dengan tim yang tersingkir adalah Slovakia. Dari elapan tim runner-up terbaik tadi, dipiih aempat tim tearatas yang masuk ke dalam pot unggulan. Empat tim teratas yang terpilih adalah Swiss, Denmark, Italia, dan Kroasia. Sedangkan empat tim terbawah terdiri atas Yunani, Swedia, Irlandia Utara, dan Republik Irlandia.

Undian babak Play-off akan diadakan pada tanggal 17 Oktober nanti di markas FIFA yang bertempat di Zurich. Akan diadakan empat pertandingan dengan format kandang-tandang seperti biasa.

Berikut rincian dari tim yang langsung lolos ke Piala Dunia 2018 dan tim yang masuk ke babak play-off:

Tim yang langsung lolos ke Piala Dunia 2018:

Prancis, Jerman, Portugal, Serbia, Inggris, Polandia, Belgia, Spanyol, Islandia

Tim-tim yang Lolos ke Play-off:

Italia, Swiss, Denmark, Swedia, Kroasia, Irlandia Utara, Yunani, Republik Irlandia

Yang sedikit mengejutkan dan menyedihkan adalah salah satu tim unggulan yaitu Belanda, tidak lolos dari Kualifikasi Piala Dunia 2018. Suatu yang menyedihkan mengingat mereka tim yang juga tidak lolos ke babak utama EURO 2016 lalu. Semoga masa kegelapan sepakbola tim oranye segera cerah kembali, mengingat banyak sekali talenta muda berbakat yang dihasilkan mereka di jagat sepakbola professional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *